Anda mungkin perlu tahu tentang Negara Tirai Bambu

Kita sering menghubungkan tirai bambu dengan negara China. Mengapa China Disebut sebagai Negeri Tirai Bambu? karena memang di cina terdapat tanaman bernama Bambu Cina. Bambu Cina (Bambusa multiplex) sangat terkenal dengan kualitasnya yang sangat kuat dan tidak mudah patah. Sedangkan disebut tirai adalah karena China berpaham solialis sehingga sangat tertutup dengan dunia luar. mengapa cina menutup diri? karena pada saat itu china adalah salah satu negara terbesar didunia.

Berikut adalah beberapa fakta dasar tentang China

Nama Lengkap: Republik Rakyat Cina
Luas Area: 9.600.000 km persegi
Populasi: 1,37 miliar (per 2014)
Ibukota: Beijing
Bendera: Five-Stars-Red-Flag
Lokasi: Tengah dan Timur Asia, berbatasan dengan Samudera Pasifik di timur
Teritorial: Laut Bohai, Laut Kuning, Laut Cina Timur, dan Laut Cina Selatan
Iklim: muson kontinental
Orang: Han Chinese (93,3%), ditambah 55 kelompok etnis seperti Miao, Li, Mongolia
Bahasa: Mandarin Chinese (Putonghua) berdasarkan dialek Beijing, ditambah dialek lokal
Agama dan Keyakinan: resmi ateis, Konfusianisme, Buddhisme, Taoisme, Islam (lebih dari 22 juta), Katolik (lebih dari 4 juta) dan Protestan (lebih dari 10 juta)
Mata Uang dan Satuan Moneter : Renminbi / Yuan
Bentuk Pemerintahan: Sistem Kongres Rakyat Nasional
Demarkasi administrasi: 23 provinsi, 5 daerah otonom, 4 kota, dan 2 Daerah Administratif Khusus

Cina adalah tanah kuno, misterius dan sangat indah serta menjadi tempat menarik bagi para wisatawan mancanegara. Cina tercatat sebagai negara terbesar ketiga di dunia menempati area seluas 9.600.000 km persegi, yang meliputi 62 derajat bujur dan 49 derajat lintang. Terdiri dari berbagai macam medan dan iklim membentuk berbagai atraksi alamnya. Melimpah di berbagai sumber, tanaman, hewan, dan mineral, negeri dengan generasi tak terhitung.


Great Wall

Salah satu harta terbesar China adalah sejarah panjang dan kayanya. Pada awal 1,7 juta tahun lalu, manusia paling awal berkembang di tanah ini. Dinasti pertama, Dinasti Xia ,sudah ada sekitar abad ke-21 SM. Selama 4.000 tahun, feodalisme adalah model ekonomi dan budaya yang dominan. Kemudian, pada tahun 1911, revolusi yang dipimpin oleh Sun Yat-sen mengakhiri monarki. Pada tanggal 1 Oktober 1949, RRC didirikan, sepenuhnya bernama 'Republik Rakyat Cina'. Sejak itu, negara ini telah dikembangkan secara mandiri dan penuh semangat. Baru-baru ini, reformasi dan kebijakan baru membangkitkan energi kehidupan di negeri ini. 



Seni dan kerajinan Cina, diantaranya lukisan, kaligrafi, opera, bordir dan sutra yang khas dan unik. Kung Fu, yang populer akhir-akhir ini telah menjadi bagian dari budaya Cina selama berabad-abad.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.